Jumat, 06 September 2019

Bunsay Level 6, Tantangan Hari Ke-3, Tips Sukses Bisnis Bengkel Motor


Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan roda dua ini maka peluang usaha untuk membuka bengkel dan toko sparepart motor semakin besar dan hal ini secara tidak langsung menciptakan kesempatan baru untuk berwirausaha. Tetapi ada dampak lain yang harus kita perbaiki, antara lain :

  • Meningkatnya jumlah populasi sepeda motor diiringi dengan meningkatnya jumlah angka kecelakaan. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dalam berkendara atau berlalu lintas bagi para pengendara motor. Untuk memperbaikinya selain perlunya peningkatan kesadaran pengendara, diperlukan juga langkah-langkah penertiban dan pengawasan rutin oleh SATLANTAS. Bukan saat menjelang hari raya dan bukan di jalan protokol saja, karena pelanggaran-pelanggaran motor seperti tanpa plat nomor, tidak menggunakan helm banyak dijumpai di jalan raya selain jalan protokol dan kemungkinan terjadi kecelakaan cukup tinggi.
  • Banyaknya pengendara pelajar yang usianya dibawah 17 tahun, menggambarkan kemungkinan besar para pengendara ini belum memiliki SIM, dan sering kita lihat mereka mengendarai motor serasa di sirkuit. Jika diterapkan aturan hanya yang mempunyai SIM-lah yang boleh mengendarai motor mungkin dapat lebih menertibkan dan tentunya harus diiringi kemudahan dalam mendapatkan SIM melalui jalur resmi, bukan melalui jalur belakang.
  • Dengan adanya jalur khusud motor dapat membantu menurunkan angka kecelakaan sepeda motor, selain itu membuat arus lalu lintas akan terlihat lebih rapi.
  • Bila kendaraan roda dua dipilih sebagai sarana transportasi yang diminati oleh masyarakat, maka perlu dikembangkan upaya-upaya yang serius agar bisa menekan angka kecelakaan.

Dalam memulai bisnis bengkel motor, dibutuhkan kemampuan dan pengalaman yang mendukung berkembangnya bisnis ini kedepannya. Bagi pemula mempelajari seluk beluk bisnis bengkel motor dari berbagai media seperti internet, buku, majalah serta menimba pengalaman dari kenalan yang terlebih dahulu dalam bisnis ini. Selain itu dapat mengikuti kursus reparasi motor untuk menambah kemampuan. Atau bisa memperkerjakan teknisi yang telah berpengalaman dalam bisnis bengkel motor. Guna memiliki bisnis bengkel motor yang sukses, ada hal yang harus diperhatikan antara lain :
  • Mengamati situasi pasar dalam memilih lokasi
Dalam penentuan lokasi perlu mengamati kondisi pasar untuk mengetahui potensi keramaian dan target konsumen. Pertimbangan memilih lokasi misalnya di dekat pusat perbelanjaan, sekolah, perkantoran, perumahan atau di dekat jalan besar. Jangan lupa memilih lokasi yang mudah dijangkau. Selain itu harus tahu apakah ada kompetitor atau saingan bisnis di sekitar lokasi. Jika ada, usahakan membuka usaha berjarak 1 KM dari bengkel yang sudah ada guna menghindari persaingan bisnis yang ketat. Mencari info tentang kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk mengetahui apa saja yang harus diutamakan, diperhatikan dan diperbaiki agar lebih menarik konsumen.
  • Menentukan sumber daya manusia
Pilih karyawan atau teknisi yang mahir dan berpengalaman. Terapkan perilaku jujur dalam memperbaiki motor dan pergantian sparepart agar kepercayaan pelanggan terjaga dan tidak ragu menjadikan tempat tujuan utama dalam memperbaiki motor.
  • Persiapan perlengkapan bisnis bengkel motor
Persiapkan segala perlengkapan berbagai jenis seperti sparepart, kompresor, kunci pas dan perlengkapan lain yang dibutuhkan. Lakukan pembelian perlengkapan secara grosir di pusat penjualan sparepart agar lebih murah.
  • Persiapan tambahan modal
Tambahan modal diperlukan sebagai cadangan terhadap pengeluaran tambahan lainnya di masa depan
  • Persiapan mental yang kuat
Agara sukses diperlukan mentak yang kuat seperti mau bekerja keras, pantang menyerah, percaya diri, sabar, optimis, kreatif dll.


Salah satu jenis usaha yang mempunyai sejarah sepanjang peradaban manusia adalah usaha pelayanan. Karena pada dasarnya manusia ingin dilayani. Berpegang pada fitrah dasar itu maka peluang untuk membuka usaha cukup besar, tetapi tetap harus memperhatikan potensi-potensi yang ada. Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha :
  • Produk yang sudah memasyarakat (banyak pemakainya).
  • Mempunyai kebutuhan untuk perawatan dan bersifat sangat konsumtif.
  • Memberikan harga yang terjangkau
  • Banyak mengamati lingkungan sekitar dengan pemikiran yang mulai dilatih itu bisa jadi tambang uang.
Usaha bengkel servis motor atau mobil itu most recommended, tetapi jika modal "mepet" maka bisnis bengkel motor lah yang tepat. Bengkel motor mengalami perkembangan yang signifikan dalam 20tahun belakang ini. Dulu, modal kunci pas-ring dan sedikit baju kumal sudah cukup. Tetapi sekarang dimana persaingan ketat membuat konsumen benar-benar ingin dianggap raja. Pengusaha bengkel semakin bersaing, tidak bisa lagi mengandalkan skill mekanik semata, banyak yang harus dipelajari, dilihat dan diperbaiki seperti :
  • Faktor skill mekanik.
  • Faktor promosi.
  • Faktor eksterior dan interior.
  • Faktor tools dan equipment.
  • Dan lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar