Jumat, 06 September 2019

Bunsay Level 6, Tantangan Hari Ke-1, Peluang Usaha Bengkel Motor


Tantangan Hari Ke-1

Peluang Usaha Bengkel Motor

Bisnis bengkel motor di masa ini terbilang bisnis dengan potensi ekonomi yang menjanjikan karena menuntut keahlian kita dalam memperbaiki motor dengan modal yang tidak terlalu besar. Ditambah lagi, jaman sekarang sangat mudah bagi tiap orang untuk membeli motor yang membuat lonjakan populasi pengguna sepeda motor terus meningkat dari waktu ke waktu. Kemudahan ini dapat dijadikan celah dalam peluang bisnis bengkel motor, mengingat kebutuhan motor untuk dilakukan servis secara berkala dan perbaikan jika mengalami kerusakan. Selain itu terbukanya bisnis pendukung seperti pemasok komponen sepeda motor.

Bagi pemula dalam bisnis bengkel motor, wajib memahami bisnis bengkel motor itu sendiri. Bisnis bengkel motor terdiri dari :
  1. Bisnis bengkel motor umum
Bengkel ini tidak terikat dengan merk motor tertentu dan menyediakan sparepart serta servis perbaikan motor untuk semua merk motor.
  1. Bisnis bengkel motor resmi
Bengkel motor yang terikat dengan dealer penjualan resmi merk motor tertentu dan secara resmi menyediakan servis motor untuk merk motor tersebut.
  1. Bisnis bengkel motor tune up
Bengkel motor khusus untuk motor modifikasi, motor balap yang memiliki segmen pasar terbatas.

Bagi pemula disarankan memilih bisnis bengkel motor umum yang cenderung tidak membutuhkan modal besar dan memiliki segmen pasar yang lebih luas dibandingkan kedua jenis bisnis bengkel motor lainnya. Kecuali jika si pemilik bengkel motor memiliki passion terhadap dunia otomotif sejak awal.

Kelebihan bisnis bengkel motor umum sebagai berikut :
  • Keuntungannya dan balik modal lebih cepat.
  • Tidak butuh modal besar.
  • Keahlian bisa dipelajari dalam waktu singkat (3-6 bulan).
  • Semua merk motor dapat diperbaiki.
  • Sparepart yang dijual dan peralatan yang digunakan disesuaikan dengan modal yang dimiliki.


Kesempatan membuka bisnis bengkel motor umum terdapat di wilayah tingkat kabupaten hingga kecamatan atau wilayah pinggiran ibu kota. Sebab dengan penjualan sepeda motor yang sangat pesat membuat tingkat kebutuhan servis menjadi meningkat.

Bagi yang ingin membuka usaha bengkel motor tetapi tidak memiliki keahlian mekanik, bisa mengikuti kursus montir sepeda motor dari keahlian tingkat dasar hingga mahir dengan rentang waktu 3-6 bulan. Kunci sukses bisnis bengkel motor itu ada pada mekanik yang handal. Jika tidak paham dengan servis motor, bisa merekrut mekanik yang ahli dan mengetahui seluk beluk jaringan bengkel motor.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika awal memiliki bengkel motor umum yang ideal :
  1. Memiliki 2 mekanik senior, 3 mekanik junior, 1 kasir dan 1 administrasi.
  2. Pilihlah lokasi di tepi jalan utama yang sering dilewati pengendara sepeda motor.
  3. Tempatnya sebaiknya memiliki ukuran 6*8 m2 dengan bentuk lebar memanjang bukan lebar di dalamnya.
  4. Kebersihan bengkel wajib diperhatikan karena menunjukan kualitas mekanik yang rapi dan teliti.
  5. Gunakan konsep one stop shopping, selain untuk servis, bengkel juga menjual aksesoris, memiliki tambal ban, jasa cuci motor.
  6. Pemilik harus paham tentang masalah sparepart.
  7. Sediakan sparepart original, Kw1-3 dan untuk pengadaannya bekerjasama dengan supplier yang mampu delivery order cepat.
  8. Investasi awal yang dikeluarkan sekitar 250jt belum termasuk biaya tempat dan set up tempatnya. Biaya 250jt digunakan untuk belanja peralatan bengkel, sedangkan sewa tempat sekitar 40-80jt/tahun.
  9. BEP terjadi setelah 2,5-3 tahun kemudian dengan minimal keuntungan yang bisa diambil 25%-27% dari omset.
  10. Jika memiliki keterbatasan modal tapi memiliki kemampuan mekanik yang baik, dapat mengerjakan sendiri servis hingga kerusakan motor, tinggal membeli peralatan dan sparepart fast moving.
  11. Lakukan promosi dengan memberikan jaminan after servis dan after sale kepada konsumen selama sebulan.
  12. Berikan diskon pembelian suku cadang.
  13. Alat promosi bisa menggunakan spanduk yang dipasang di depan bengkel atau menyebarkan brosur di sekitar lokasi bengkel.



0 komentar:

Posting Komentar