Kamis, 05 September 2019

Bunsay Level 5, Tantangan Hari Ke-7, Sistem Pembuangan


Hari ke-7

Masih melanjutkan buku yang kemarin kami baca yaitu Berani Berubah atau Kalah dan Pengetahuan Komponen Mobil. Mengapa saya memilih buku itu, kalau buku Berani Berubah atau Kalah adalah buku yang saya bawa kemana-mana (sebagai bahan bacaan harian), dan karena ingin merevisi NHW yang saya anggap kurang greget ketika matrikulasi kemarin. Sedangkan kenapa saya dan suami memilih buku Pengetahuan Komponen Mobil, karena passion kami berdua adalah otomotif, jadu tidak akan jauh-jauh dari hal tersebut.


Pada buku Pengetahuan Komponen Mobil saya sampai pada bab sistem pembuangan dan suami pada bab sistem kelistrikan. Sistem pembuangan adalah sistem yang dihubungkan ke masing-masing saluran pembuangan dari silinder dan ditempatkan pada kendaraan secara aman. Penempatannya tergantung pada posisi mesin, tetapi biasanya pada sisi belakang.

Fungsi sistem pembuangan adalah untuk
  1. Menghantarkan gas buang secara aman dengan tempat yang lebih memungkinkan pada kendaraan dan dikeluarkan ke udara luar.
  2. Mereduksi atau menekan kebisingan dan temperatur sebelum dilepas.
  3. Pada beberapa kendaraan mereduksi pencemaran gas buang.


Sistem pembuangan terdiri dari komponen saluran pembuangan, pipa pengeluaran, peredam dan resonator, pipa ekor, braket pemasang sistem pembuangan, sistem injeksi udara dan katalistik konverter.

Sistem kelistrikan terdiri dari 2 komponen utama yaitu baterai dan kabel atau kawat kelistrikan. Dan 4 sistem pemisah penyalaan, starter, pengisian dan peringatan.


Sistem penyalaan terdiri dari komponen baterai, saklar penyalaan, koil penyalaan, tahanan atau resistor balast, distributor (kapasitor dan titik kontak pemutus), busi, kabel tegangan tinggi dan timing marks.

Sistem starter terdiri dari komponen baterai, saklar penyalaan, saklar inhibitor, selenoid, motor starter, peralatan penggerak atau penarik, roda gigi penurunan getaran (reduksi), kabel baterai dan kabel voltase rendah.


Sistem pengisian terdiri dari komponen baterai, alternator, regulator, voltase, sabuk penggerak V, indikator pengisian, dan kabel voltase rendah.

Sedangkan sistem peralatan peringatan terdiri dari komponen unit pengukur atau sender, indikator, baterai, saklar, dan kabel tegangan rendah.


Pada buku Berubah atau Kalah, saya sampai pada bab Rasa Takut Menjadi Ibu Perlahan Sirna yang ditulis oleh Mb Sita Evita Komalasari. Di buku antologi ini, penulis bercerita tentang ketakutannya menjadi seorang ibu. Ketakutan ini disebabkan karena kehidupan rumah tangga kedua orang tuanya.

Rasa stagnasi diri yang berlarut-larut dan kebingungan harus mulai dari mana memperbaiki diri adalah awal dari perubahan diri. Setelah mengikuti kelas matrikulasi dan sampai pada NHW 2 dan 3, mulai ada pertanyaan tentang arti hidup dan tujuan hidup.


Perubahan dimulai dari berusaha memaafkan dan menerima sikap orang tua. Menerima diri sendiri dan lingkungan. Mengurangi standar perfeksionis. Mulai berani meminta tolong dan menyadari bahwa meminta tolong bukanlah suatu yang lemah, bodoh atau memalukan, tetapi ini adalah sikap dewasa dan bertanggung jawab bahwa tidak semua masalah bisa diatasi sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar