Kamis, 05 September 2019

Bunsay Level 5, Tantangan Hari Ke-8, Kopling


Hari ke-8

Pada buku Pengetahuan Komponen Mobil yang kami baca berdua, kami sengaja membacanya berbeda bab satu dengan lainnya. Hal ini dikarenakan kami ingin mendiskusikan tiap bab yang kami baca. Jadi kami tidak hanya menambah ilmu pengetahuan dari membaca tapi juga dari diskusi dengan pasangan.


Roda kendaraan diputar oleh torsi mesin yang memutarkan salah satu bagian depan atau bagian belakang roda atau pada semua roda untuk beberapa kendaraan. Komponen penggerak yang memindahkan torsi dari mesin ke roda ada 2, yaitu kopling dan boks roda gigi atau transmisi.


Ada dua metode kopling untuk menyambung mesin sehingga mesin start, gigi percepatan berubah dan mesin berputar jika mobil posisi diam, yaitu kopling gesek mekanik dan kopling fluida atau cairan.


Kopling gesek terdiri dari komponen pelat penggerak, pelat penekan, tutup kopling, mekanik pengubah dan lengan kopling. Sedangkan kopling fluida terdiri dari komponen rumah impeler, roda penerus, vane impeler, poros engkol mesin, rumah turbin, vane turbin, poros turbin ke peti gigi dan sil oil.

Peti gigi transmisi terbuat dari besi tuang kaku atau aluminium tuang yang dibaut pada rumah kopling atau blok silinder. Tetapi ada mobil yang kotak gigi dan rumah kopling dituang menjadi satu set.


Komponen utama kotak gigi terdiri dari rumah peti gigi, poros, mekanisme pengontrol garpu roda gigi atau garpu pemindah, sinkromes, transmisi otomatis. Sedangkan transmisi otomatis sendiri memiliki komponen konverter torsi, kotak gigi transmisi, roda gigi transmisi otomatis, kopling dan ban/sabuk otomatis, pompa, pengontrol hidrolik, pengontrol manual, pendingin cairan transmisi dan fluida transmisi.


Tiket Menuju Surga yang ditulis oleh Mba Rena Nurul dalam buku Berubah atau Kalah membuat kita kembali bertanya apakah orang tua selalu tahu apa yang terbaik bagi anak-anaknya? Jawaban adalah tidak, karena setiap anak lahir dari generasi yang berbeda dengan orang tuanya, sehingga ada beberapa hal atau pendekatan yang mungkin tidak lagi dapat dipraktikan ke anak.

Menjadi seorang ibu dan istri yang baik kita tidak boleh menggunakan sudut pandang pribadi, tetapi kita harus menanyakan kepada anak dan suami, akan apa yang mereka inginkan.


Ilmu parenting yang tak lekang oleh waktu, tak hilang oleh zaman adalah ilmu parenting mendidik dengan kekuatan fitrah. Anak memiliki fitrah alami yang terbawa sejak lahir. Fitrah tersebut adalah ketetapan akan sifat dasar yang diberikan oleh Allah. Setiap anak memiliki fitrahnya sendiri, tugas orang tua adalah membantu mengembangkannya.

Pekerjaan termahal seorang wanita adalah saat mengabdikan diri untuk suami dan mewakafkan diri untuk mendidik pewaris peradaban. Maka dari itu bayarannya adalah surga. Seperti yang tertulis pada Al Quran "Wanita yang taat kepada suami, mampu menjaga kehormatan, beribadah shalat 5 waktu dan berpuasa di bulan ramadhan dapat memasuki surga melalui, pintu manapun yang ia hendaki".


Dengan menjalani dengan ikhlas membuat semuanya berjalan mulus tanpa hambatan yang berarti. Karena Allah memudahkan setiap niat baik, hati yang lapang dan tekad yang kuat. Semua kelelahan, kesedihan, kesulitan, kegelisahan, kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan berubah menjadi harapan dan semangat.

0 komentar:

Posting Komentar