Sabtu, 14 September 2019

Bunsay Level 6, Tantangan Hari Ke-11, Program Servis Gratis


Program 5x Servis 1x Servis Gratis
Cara ini sudah familiar di beberapa bengkel resmi dan cukup efektif. Ada beberapa mekanisme dan variasi untuk meningkatkan konsumen, contoh sebagai berikut :
Beberapa  jenis motor, baik sparepart atau pelumas mempunyai karakter sendiri-sendiri. Misalkan Honda. Dalam aturannya mewajibkan konsumen untuk servis setiap 2000 km atau 2 bulan, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Jika syarat ini tidak terpenuhi maka Garansi 3 th/3000 km akan gugur. Tentunya servis harus di bengkel resmi.

Untuk bengkel umum bisa mengandalkan kemampuan teknik para mekanik meyakinkan konsumen untuk patuh pada syarat tersebut. Umumnya mesin (stelan klep, rantai roda, dll) mulai berubah setelah 2000 km dan ini mempengaruhi perfoma mesin secara keseluruhan.

Tips-nya : jelaskan perfoma sepeda motor yang akan langsung mempengaruhi konsumen, contoh stelan klep. Bila celah klep mulai longgar, bisa dideteksi dari bunyi "klek-klek" yang mengganggu. Kemudian supply bahan bakar disempurna campurannya serta tidak tetap waktu pengisiannya ke dalam silinder. Akibatnya tarikan motor akan lelet dan boros konsumsi bahan bakarnya.

Jika sepeda motor jarang dipakai. Tetap harus melakukan servis berkala. Karena pelumas yang sudah dikeluarkan dari botolnya dan terjadi kontak dengan sparepart motor, maka life time-nya akan berjalan. Rata-rata pelumas/oli, kemampuannya akan berkurang saat sudah mencapai 2000 km atau 2 bulan. Sehingga walaupun jarang dipakai dan km masih sedikit tapi kalau sudah lewat 2 bulan, tetap harus diganti.



Dari segi teknik kemampuan pelumasan berkurang, maka gesekan antar komponen akan terjadi secara ekstrem yang akan mengakibatkan panas yang berlebihan di mesin. Mesin bisa jadi "over heated". Efeknya pembakaran pada ruang bakar bisa terjadi sebelum waktunya (pembakaran tidak sempurna). Berakibat sepeda motor lelet dan boros konsumsi bahan bakar. Efek selanjutnya bisa timbul keausan dimana-mana, kerontokan dari keausan bisa menyumbat pompa oli.

Aliran oli yang tidak lancar atau tersumbat menjadikan gesekan antar mesin tidak dilapisi pelumas sehingga komponen-komponen dalam mesin bisa rontok. Dimulai dari komponen terjauh dari pompa oli seperti silinder head, dimana banyak komponen mahal disitu mulai dari cam shaft, valve hingga piston dan silinder.

Semua produk punya life time. Kita lah yang harus menjaga agar mempunyai life time sepanjang mungkin. 

Salah satu cara agar konsumen mau datang ke bengkel kita, adalah dengan memberikan fasilitas 5x servis gratis 1x servis. Material pendukungnya antara lain :

  1. Komputer : untuk data base konsumen.
  2. Service card : kartu ini memuat data nama, nopol motor, alamat, telepon, jumlah servis, tanggal servis. Hal ini bisa mengingatkan konsumen berapa kali dia servis dan memudahkan pihak bengkel memonitor kondisi motor.
  3. Hadiah : untuk merangsang konsumen agar loyal datang misalkan jika konsumen datang tidak teratur hanya mendapatkan 5x servis gratis 1x servis, tetapi jika datang sesuai aturan maka tambahan hadiah.



0 komentar:

Posting Komentar