Jumat, 06 September 2019

Bunsay Level 6, Tantangan Hari Ke-2, Sepeda Motor Merajai Jalan Raya


Jika membuka bisnis bengkel motor, hendaknya pandai memanfaatkan momen-momen tertentu. Salah satunya adalah lebaran. Karena banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman. Lonjakan permintaan servise atau ganti sparepart biasanya mencapai 70% dari hari biasanya.

Awal tahun 2000an, angkutan umum menjadi transportasi idola masyarakat umum baik pekerja, pelajar dan ibu rumah tangga. Tetapi sekarang jalan raya didominasi oleh sepeda motor, yang bisa kita lihat saat pemberhentian lampu merah, antrian banyak dan barisan terdepan adalah pengendara motor. Selain di jalanan, antrian sepeda motor juga mendominasi SPBU, sampai kadang jalur mobil pun dipenuhi oleh kendaraan roda dua.

Dulu mayoritas pengendara sepeda motor adalah kaum laki-laki, tetapi semenjak munculnya sepeda motor skutik (matic), yang notabene lebih mudah dan praktis digunakan, maka bertambahlah pengendara sepeda motor dari kaum wanita. Motor matic selain diminati oleh pengendara wanita, juga diminati para pelajar.

Seiring berjalannya waktu, motor matic juga banyak digunakan oleh pengendara pria, tapi tentunya tipe motornya lebih terlihat khusus untuk mereka. Bukti motor matic banyak diminati terlihat dari meningkatnya permintaan atau penjualan sparepart-nya seperti oli matic, ban dalam/luar ring 14, vanbelt, roller dan lainnya.


Meningkatnya penjualan sepeda motor beberapa tahun belakangan ini berkaitan dengan alasan sebagian besar masyarakat memilih kendaraan roda dua ini sebagai alat transportasi, sebagai berikut :
  • Lebih praktis dan hemat waktu karena tidak perlu menunggu seperti waktu menunggu angkutan umum dan bisa melewati jalan alternatif sehingga bisa terhindar dari kemacetan.
  • Lebih bisa berhemat uang dibanding menggunakan angkutan umum.
  • Merasa lebih aman bila dibanding menggunakan angkutan umum terutama untuk kaum wanita.
  • Kemudahan kepemilikkan kendaraan melalui fasilitas kredit.
Dengan banyaknya sepeda motor maka hal ini membuka peluang usaha bagi masyarakat dan mungkin menciptakan lapangan pekerjaan baru, antara lain :
  • Usaha pencucian sepeda motor.  Dapat membuka usaha pencucian        motor di sekitar perumahan atau          perkampungan yang dikelola oleh        anak-anak muda.
  • Usaha tambal ban dan ganti oli. Dengan bermodalkan sebuah kompresor dan sebuah kios yang tidak terlalu besar ditambah sedikit keahlian dalam hal tambal ban, ganti ban dan ganti oli, sudah bisa memulai usaha ini. Semakin banyaknya jumlah kendaraan roda dua maka peluang usaha dibidang ini semakin bagus karena minimal setahun sekali orang akan mengganti ban luar dan banyak sekali kemungkinan terjadi kempes karena ban bocor.
  • Usaha bengkel dan toko sparepart motor.                                                        Di awal tahun pertama pembelian motor baru, mungkin banyak pemilik kendaraan yang membawa motornya untuk servis di bengkel resmi karena memanfaatkan fasilitas gratis dari produsen sepeda motor. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kendaraan, maka banyak sparepart yang perlu diganti. Karena umumnya harga sparepart di bengkel resmi lebih mahal dibanding bengkel umum atau toko sparepart, maka banyak pemilik kendaraan yang menservis motornya di bengkel-bengkel umum yang kualitasnya tidak kalah dengan bengkel resmi.

2 komentar: