Rabu, 18 September 2019

Bunsay Level 6, Tantangan Hari Ke-14, Member Get Member


Member Get Member
Salah satu cara promosi yang cukup popular adalah "Member Get Member". Cara ini masih efektif karena mudah penerapannya, murah biayanya dan besar manfaatnya.

Berikut mekanisme program MGM :

  1. Cetak kartu MGM khusus yang mencakup nama bengkel, alamat bengkel, nomor telepon bengkel serta data diri konsumen yang menjadi anggota MGM.
  2. Setiap ada konsumen yang datang tawarkan untuk menjadi konsumen MGM, jelaskan manfaat dan apa saja yang didapatkan jika menjadi konsumen MGM.
  3. Setiap konsumen baru yang datang membawa kartu nama konsumen MGM, maka konsumen MGM mendapatkan hadiah misal souvenir, servis gratis dll.
  4. Timbulkan efek berantai kepada konsumen yang datang membawa kartu nama konsumen MGM.
  5. Beri batasan waktu untuk merangsang dan memotivasi konsumen MGM.
  6. Semua data base harus dicatat secara lengkap dan terperinci dalam komputer.
  7. Program MGM ini harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan menyesuaikan dengan kondisi bengkel.

Kendala-kendala yang kemungkinan terjadi :
  1. Tidak semua konsumen mau menjadi konsumen MGM. Cari konsumen yang bisa dipercaya untuk menjadi konsumen MGM. Tulis semua testimoni tentang apa saja yang didapatkan jika menjadi konsumen MGM. Hal ini bisa merangsang dan memotivasi konsumen lainnya agar ingin menjadi konsumen MGM.
  2. Semua data tentang konsumen yang didatangkan oleh konsumen MGM harus tercatat dengan rapi dan diberi bukti, agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak bengkel dan konsumen MGM.

Jika jumlah konsumen yang datang dengan adanya program MGM, tidak sesuai harapan. Jangan terlalu dirisaukan karena tujuan untuk mempromosikan bengkel, setidaknya sudah tercapai.



Referensi :
Christina Whidya Utami 2007. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jaka

0 komentar:

Posting Komentar