Kamis, 19 September 2019

Bunsay Level 6, Tantangan Hari Ke-15, Terima Modifikasi


Terima Modifikasi

Usaha bengkel motor memang menjanjikan. Mengingat pengguna motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dengan meningkatnya produksi motor pertahun. 

Biasanya menjelang lebaran, pemilik bengkel dipastikan bisa meraup keuntungan. Seiring meningkatnya pemudik yang pulang kampung menggunakan sepeda motor. Kebutuhan servis motor menjadi hak utama bagi pemudik ketika mendekati lebaran.

Untuk bulan-bulan biasa kebutuhan servis akan motor-pun menjadi kebutuhan yang rutin. Tak ayal, bengkel motor-pun tumbuh menjamur hingga pelosok. Prospek usaha bengkel motor memiliki peluang yang sangat besar. Terutama untuk bengkel umum yang lebih mudah perijinannya. Diimbangi dengan modal usaha yang relatif lebih kecil.

Jelang lebaran, omset bisa meningkat 20-30%. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya pemudik yang menggunakan motor setiap tahunnya. Umumnya pemilik motor melakukan perbaikan kopling, pergantian ban, kanvas rem hingga servis kalburator.

Biasanya bengkel-bengkel membuat program diskon pergantian sparepart dan jasa servis. Permintaan servis akan biasanya menjelang H-14. Bahkan kadang H-17 permintaan servis meningkat hingga 100%. 

Hal ini pun dirasakan juga oleh bengkel modifikasi. Biasanya para pemudik ingin kendaraanya memiliki tampilan baru ketika lebaran. Sehingga permintaan konsumen meningkat 2 kali lipat.



Pemasaran untuk bengkel modifikasi bisa menggunakan brosur, pamflet dan servis gratis ketika awal buka. Andai bengkel sepi, kemungkinan besar karena salahnya pemetaan dalam memperhatikan permintaan (jumlah motor) di daerah tersebut atau pemilihan lokasi yang kurang tepat.

Ketika memilih lokasi bengkel motor modifikasi. Kita bisa memilih tempat yang dianggap strategis. Misalnya lingkungan perusahaan, jalan utama atau protokol. Selain itu bengkel modifikasi sebaiknya menggunakan sistem jemput bola, dengan mendekati komunitas atau ikut mailing list via internet. Tak lupa kejujuran karyawan harus diutamakan sehingga muncul kepercayaan dan image yang bagus.

Persaingan bengkel motor modifikasi bisa dibilang cukup ketat. Sehingga pemilik bengkel harud menjaga kualitas, kepercayaan, loyalitas, dan kedekatan dengan konsumen. 

Keuntungan terbesar dari bengkel motor modifikasi contohnya modifikasi custom body bahan fiber dari motor bebek menjadi motor trail. Keuntungan ini bisa mencapai 67%. 

Kendala yang dihadapi oleh bengkel motor modifikasi adalah mekanik yang handal. Karena tidak semua mekanik bisa menangani motor modifikasi. Juga komplen kepuasan konsumen terhadap hasil modifikasi. Hal ini bisa disiasati dengan mendengarkan keluhan konsumen dan menerapkan sistem garansi dalam pengerjaan.

Bagi pemula mempunyai usaha bengkel modifikasi bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan mencari mekanik yang sudah handal dalam menanganinya. Serta harus mempunyai modal yang besar. Jika modal yang dimiliki kecil, sebaiknya membuka bengkel motor umum terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar