Kamis, 02 April 2020

Bunsay Level 12, Tantangan Hari Ke-9, Mobil Korea


MOBIL KOREA

Mobil-mobil Jepang sudah cukup lama mendominasi di Indonesia. Bahkan kalau kita lihat mobil yang berlalu lalang di jalanan Tanah Air kebanyakan adalah mobil bermerek Jepang.

Sementara merek-merek yang berasal dari negara di luar Jepang tampak kurang diminati. Bisa dilihat dari data penjualan milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mobil Jepang orang Indonesia lebih banyak membeli mobil Jepang.

Mobil Jepang juga sering disebut-sebut lebih kuat, tahan lama, serta hemat BBM. Faktor-faktor tersebut yang menjadi pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli mobil.

Di Indonesia ada China, Amerika, Jepang, India. Dulu Jepang dianggap sebelah mata. Mobil Amerika, Eropa top, sementara Jepang mobil kaleng, seiring perkembangan jaman dia improve jadi bagus.

Hal serupa pun sempat dialami Kia. Kia sendiri masuk ke Indonesia dari tahun 1995. Hanya saja waktu itu nama Kia diganti dengan Timor. Kualitas mobil Kia saat itu pun sempat diragukan. Seiring berjalannya waktu, Kia terus memperbaiki kualitasnya. Bahkan bisa melebihi mobil-mobil merek Jepang.

Kia dulu mungkin tahun 1995 masih pakai nama Timor, Bimantara kualitas oke bisa diterima tapi masih di bawah Jepang. Tapi sekarang kualitasnya Korea lebih tinggi dari Jepang buktinya IQS JD power, cek di Google nomor 1,2,3 Genesis, Kia , Hyundai, merek Jepang ada di posisi 10 ke bawah silahkan di-cek.

Genesis merupakan merek mobil mewah buatan Hyundai berhasil mengalahkan merek-merek mobil papan atas seperti Porsche dan Lexus. Genesis sendiri baru diluncurkan Hyundai pada tahun 2016 setelah sebelumnya sedan-sedan Genesis dijual bersama di showroom Hyundai.

Dalam kurun waktu dua tahun saja Genesis berhasil merangsek ke posisi puncak dengan catatan paling sedikit soal kerusakan mobil. Melansir Forbes, dari data milik J.D Power 2018, kerusakan mobil Genesis tercatat hanya 68 masalah dalam 100 mobil. Angka itu merupakan yang paling sedikit dibandingkan para kompetitor.

Mobil buatan Korea memang tidak terlalu dikenal layaknya mobil Jepang yang dapat dengan mudah Anda temui hampir di seluruh daerah di Indonesia. Memang jika dilihat dari segi kualitas, mobil buatan Korea tidak kalah bagus dengan mobil buatan Jepang atau Eropa. Namun, tetap saja kendaraan roda empat asal negeri Ginseng tersebut kalah pamor dengan mobil-mobil khususnya dari kedua negara tersebut. Mobil buatan Korea seperti Hyundai dan Kia memang kini bisa dengan mudah Anda temui di jalanan namun jumlahnya tidak sebanyak mobil buatan Jepang.

Mobil buatan Korea memang sempat menjadi primadona di tanah air beberapa waktu silam. Sayangnya karena desainnya yang stagnan dan tidak berubah, banyak pecinta otomotif yang beralih ke mobil-mobil Jepang. Namun kini hal tersebut tidak lagi berlaku mengingat baik dari desain, mobil Korea tidak kalah modern.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil buatan Korea Selatan yang perlu Anda tahu:

 1. Mesin yang tangguh
Sama seperti mobil-mobil lainnya yang dijual di Indonesia, mobil buatan Korea juga dibekali mesin yang tangguh sehingga layak digunakan untuk menempuh berbagai medan baik yang mudah maupun yang sulit. Mesin-mesin tersebut tidak hanya tangguh namun juga tahan lama sehingga tidak mengherankan jika banyak pecinta mobil yang merekomendasikan mobil Korea dibandingkan dengan mobil dari negara lain.


 2. Body mobil yang kuat
Material yang digunakan untuk melapisi body mobil buatan Korea memang lebih kuat sehingga tidak mudah rusak akibat korosi. Tidak hanya itu, body mobil juga tidak mudah penyok juga menjadi keunggulan sendiri yang tidak boleh diabaikan. Jika dilihat dari desainnya, mobil Korea juga sudah banyak berubah sehingga terkesan lebih modern dan tidak membosankan.


 3. Harga yang murah
Jika Anda ingin membeli mobil untuk investasi maka mobil Korea bisa menjadi salah satu mobil yang bisa Anda beli untuk keperluan tersebut. Hal ini dikarenakan karena mobil-mobil Korea kini dijual dengan harga yang murah namun memiliki harga yang cenderung stabil sehingga jika dirawat dengan baik harga jual dari mobil tersebut tidak akan terlampau jauh atau terlalu murah. Walaupun di banderol dengan harga yang murah namun kualitas mobil buatan Korea memang tidak dianggap remeh mengingat performa mobil ini layak disejajarkan dengan berbagai merek mobil canggih dunia.


Sama halnya dengan mobil-mobil Jepang yang irit bahan bakar, mobil Korea pun demikian. Sayangnya dibalik semua keunggulan yang dimiliki, ada satu kekurangan yang dimiliki oleh mobil Korea. Kekurangan tersebut adalah masih sedikitnya dealer resmi yang menjual semua spare part mobil sehingga berimbas pada susahnya menemukan spare part dari mobil tersebut dan juga pada mahalnya harga spare part mobil Korea ini.

Korean Style! Ini 5 Mobil KIA dan Hyundai Terbaik yang Bisa Kamu Beli

Mobil Korea memiliki kesan tersendiri di masyarakat Indonesia. Mobil asal Negeri Ginseng memiliki fitur yang menarik dengan bodi yang cenderung lebih tebal dibanding mobil buatan Jepang yang sekelasnya.
Kia dan Hyundai merupakan dua merek mobil Korea yang paling terkenal di Indonesia. Mobil-mobil keluaran mereka banyak yang lalu-lalang di jalanan. Buat kamu yang tertarik dengan mobil buatan Korea, bisa simak 5 rekomendasi mobil Korea dari Hyundai dan Kia terbaik di bawah ini!

1. All New Kia Picanto
Kia melakukan facelift Picanto dengan menggandeng desainer top Eropa, Peter Schreyer dan hasilnya All New Kia Picanto sukses menarik perhatian pasar Indonesia.


Dengan desain yang menarik dan fitur mumpuni di kelasnya All New Kia Picanto ini cocok jadi pilihan dengan harga bekas untuk keluaran tahun 2012-2014 Rp 80 jutaan hingga Rp 100 jutaan aja lho.

2. Kia Rio
Jika All New Kia Picanto dirasa kurang mumpuni dan kamu menginginkan mobil yang lebih sporty dan berfitur lebih lengkap, kamu bisa memilih Kia Rio yang harga bekasnya Rp 125 jutaan ini.


City car yang sulit dicari kekurangan di kelasnya ini, gak malu-maluin kok kalau bersaing dengan mobil-mobil buatan Jepang dengan range harga sebanding.

3. Hyundai i20
Beralih ke Hyundai, ada seri i20 yang salah satu serinya memiliki keunikan yaitu hanya memiliki 3 pintu saja yaitu 2 pintu depan dan 1 pintu belakang.


Menurut Hyundai, 1 pintu belakang digunakan untuk keamanan agar penumpang selalu turun di sisi jalan yang aman dari jalan raya. Fitur yang lengkap untuk kelas city car juga sudah tersedia di mobil ini lho.

4. Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe harga barunya Rp 500 jutaan hingga Rp 570 jutaan. Mobil crossover SUV ini bisa jadi pilihan selain mobil SUV Jepang karena memiliki fitur yang cukup lengkap dengan desain menarik. Mobil yang sempat muncul di film Ant Man and The Wasp ini juga memiliki panoramic sunroof di varian tertingginya lho. Cocok banget buat bepergian bersama keluarga.


5. Hyundai Tucson
Mobil 5 kursi dengan harga baru sekitar Rp 390 jutaan ini dibekali dengan desain menarik yang cocok untuk anak muda dan kabin yang lega lho. Mesin 1.999 cc siap menjadi tenaga untuk bepergian jauh bersama keluarga apalagi mobil SUV belakangan ini mulai diminati masyarakat Indonesia dan gak kalah keren dari mobil-mobil SUV Jepang lho!




#Gamelevel12
#Day9
#KuliahBunSayIIP
#KeluargaMultimedia


0 komentar:

Posting Komentar