Jumat, 06 September 2019

Bunsay Level 5, Tantangan Hari Ke-10, Casis


Hari ke-10

Hari ini yang membaca buku sebenarnya hanya suami. Saya hanya membantu menulis hasil diskusi kami berdua. Dikarenakan saya sedang kelelahan dan tidak enak badan. Tetapi setelah melihat semangat suami untuk membaca, akhirnya saya juga ikutan membaca walaupun cuma 1 buku dan itupun yang judul bukunya sama dengan suami, biar ada penyeimbang diskusinya.


Untuk menopang badan kendaraan, dibutuhkan struktur body bersama dan panel-panelnya. Seperti bodi, mesin, suspensi dan transmisi. Rangka bodi bersama membentuk casis dan semua itu dipasangkan ke roda-roda jalan oleh unit suspensi yang mengontrol kelurusan roda dan gerakan naik turun dari kendaraan.


Casis adalah rangka kerja yang merupakan bagian terpenting dari suatu kendaraan. Tidak semua mobil kecil mempunyai casis, karena mereka mempunyai body integral atau konstruksi mono, yang dikembangkan dan saling menguatkan sehingga komponen mekanik bisa dipasang secara langsung.

Casis terdiri dari komponen rangka 2 sisi yang dipres, rangka menyilang dipaku keling, pelat dipaku keling, braket pengikat, rangka utama yang dipres, dan rangka yang dibaut ke casis.


Suspensi digunakan pada semua bagian agar :
  1. Memungkinkan pegas dipasang diantara masing-masing roda dan body untuk meredam kejutan roda.
  2. Menjaga roda-roda dalam aligment (kelurusan) yang benar sehingga dapat bebas bergerak ke atas dan ke bawah pada pegasnya.
Komponen suspensi terdiri dari pegas, lengan suspensi, pivot (sumbu kecil untuk engsel) suspensi, peredam kejut (schok absorber), stabiliser dan bump stop (tonjolan penghenti)


Suspensi menyesuaikan dengan jenis-jenis kendaraan. Ada beberapa jenis suspensi yaitu :
  1. Pegas daun atau suspensi poros beam.
  2. Suspensi independen wishbone
  3. Suspensi independen mc pherson
  4. Pegas daun dan poros kaku
  5. Pegas koil dengan poros kaku
  6. Suspensi belakang independen


0 komentar:

Posting Komentar