Selasa, 26 November 2019

Bunsay Level 8, Tantangan Hari Ke-6, Mengenal SBR, ORI dan SUKUK


Mengenal SBR, ORI dan SUKUK

Pernah kah kita bertanya-tanya negara itu membangun sarana prasarana itu uang dari mana. Membangun jalan tol trans jawa, trans sumatera trans papua itu uang dari siapa. Membangun sekolah-sekolah, jembatan, jalan lingkar itu pakai duit jatuh dari langit kah 🤣. Tidak semua pembiayaan pembangunan negara dari pajak dan cukai. Ada juga yang berasal dari hutang. Secara garis besarnya daripada negara berhutang ke negara lain atau warga negara asing, negara lebih memilih berhutang kepada warga negara Indonesia. Dari situ negara mengeluarkan semacam SBN (surat berharga negara). Produk SBN seperti SBR, ORI, SUKUK dll.

Ada yang pernah mendengar istilah SBR, ORI atau SUKUK. Atau mungkin istilah ini masih asing di telinga kita???. Bagi sebagian orang yang mempunyai passion di bidang keuangan, investasi pasti tidak asing dengan istilah ini. Apalagi yang hobby mantengin ig-ny @jouska (termasuk saya) 😂. Untuk lebih mengenal SBR, ORI dan Sukuk maka kita pelajari bersama.

SBR singkatan dari saving bond ritel. SBR merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada warga negara Indonesia. SBR sebagai salah satu investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Karakteristik SBR adalah WNI, minimal pemesanan 1 juta, jatuh tempo 2 tahun, kupon mengambang dengan kupon minimal serta fasilitas early redemption. Alasan memilih SBR yaitu dijamin negara dan ikut membantu membangun negeri. Cara berinvestasi SBR bisa dilakukan melalui e-SBN.

ORI adalah obligasi negara ritel. Salah satu instrumen SBN yang ditawarkan kepada WNI melalui mitra distribusi di pasar perdana. Karakter ORI yaitu berbentuk tanpa warkat dan dapat diperdagangkan antar investor domestik, kupon tetap, ada potensi kapital gain/loss, minimal 1 juta dan maksimal 3 miliar. Keuntungannya adalah kupon dan pokok dijamin oleh undang-undang, bunga lebih tinggi dari bunga deposito bank, tingkat bunga tetap sampai pada jatuh tempo, kupon dibayarkan tiap bulan, dapat diperdagangkan di pasar sekunder, dll. Cara mendapatkan produk ORI bisa melalui e-SBN.

SUKUK adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah kepada WNI. Sukuk bersifat aman, mudah, terjangkau, menguntungkan dan sesuai syariah. Karakteristiknya diperuntukan WNI, berprinsip syariah, mulai dari 1 juta, imbalan mengambang dengan imbalan minimal, jatuh tempo 2 tahun, fasilitas early redemption, tidak dapat diperdagangkan. Kesesuaian syariah sukuk adalah berdasarkan konsep syariah, tidak ada unsur judi dan riba, telah disahkan oleh Dewan Syariah Nasional. Keuntungan berinvestasi sukuk adalah pokok dan imbalan dijamin negara, tingkat imbalan kompetitif, imbalan dibayar tiap bulan, kemudahan akses secara online, early redemption tanpa redemption cost oleh pemerintah, berprinsip syariah. 



www.kemenkeu.go.id

1 komentar: