Senin, 25 November 2019

Bunsay Level 8, Tantangan Hari Ke-5, Emergency Fund



Emergency Fund

Dunia itu penuh dengan ketidakpastian. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita di masa datang, bahkan 1 jam kedepan kita pun tidak bisa memastikannya. Hal ini pula yang akan terjadi pada kehidupan keuangan kita. Banyak hal-hal yang tidak kita sangka akan terjadi pada kita maupun keluarga. Hal tersebut pun bisa menggoyangkan keuangan kita.

Jika tidak dipersiapkan sedini mungkin bisa membuat kita depresi, stres bahkan kehilangan pegangan hidup. Kita pun tidak tahu apakah keluarga atau sahabat bisa membantu keadaan. Andaikan mereka bisa membantu, kita pribadi pun tidak ingin merepotkan apalagi sampai berhutang budi. Belum lagi jika kita sampai terperosok dalam lingkaran hutang. Bukan membantu malah bikin tambah runyam. Maka dari itu kita butuh dana darurat untuk mem-back-up ini.

Apa yang pertama kali di dalam benak kita jika mendengar "emergency fund"? Kita pasti menjawab "dana darurat. Yups bener emergency fund arti kata lainnya adalah dana darurat. Banyak dari kita yang sering mendengar istilah dana darurat. Tapi apakah kita paham betul apa yang dimaksud dana darurat. Mari kita pelajari tentang dana darurat.

Dana darurat sangat penting diadakan dan dikelola dalam kehidupan keuangan kita. Sebelum menyusun perencanaan keuangan terlebih dahulu kita menyiapkan dana darurat. Dana ini hanya digunakan untuk keadaan darurat. Kegunaannya pun harus terpisah dari dana harian. 

Besaran jumlah dana darurat biasanya 3 kali lipat dari penghasilan kotor setiap bulannya atau kebutuhan bulanan bagi yang single. Jika untuk yang berkeluarga 6 kali lipatnya. Dana darurat biasanya disimpan dalam bentuk emas dan cash agar sewaktu-waktu dibutuhkan, mudah untuk dicairkan.


0 komentar:

Posting Komentar