Minggu, 24 November 2019

Bunsay Level 8, Tantangan Hari Ke-4, Investasi



Investasi

Investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu demi mendapatkan timbal balik yang lebih besar di masa yang akan datang. Hal yang perlu diperhatikan dalam investasi adalah jumlah dana serta tujuan berinvestasi. Investasi terdiri dari investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi jangka pendek adalah investasi yang segera dapat dicairkan. Tujuannya mendapatkan kelebihan manfaat sementara waktu dan memperoleh tambahan dana. Contohnya tabungan, reksadana, deposito, obligasi.

Investasi jangka panjang adalah investasi yang mana dana yang digunakan akan diputar dan dapat dicairkan setelah jangka waktu tertentu, minimal 1 tahun. Bisa dibilang investasi jangka panjang ini penanaman modal dari sebagian kekayaan agar mendapatkan pendapatan tetap. Tujuannya salah satunya yaitu mendapatkan penghasilan pasif setiap periode misal bunga, royalti dan deviden. Biasanya berbentuk saham, property, program pensiun, emas dan asuransi.

Manfaat investasi itu sendiri untuk :
1. Nilai aset dan kekayaan semakin meningkat.
2. Merdeka dalam hal keuangan.
3. Terhindar dari inflasi.
4. Menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi :
1. Memiliki tujuan jelas agar mudah menentukan langkah apa yang diambil selanjutnya. Hal ini berpengaruh pada investasi apa yang sebaiknya diambil, jenisnya hingga dimana menempatkan investasi tersebut.
2. Menilai seberapa banyak mofal yang dibutuhkan. Ini berkaitan dengan dana atau aset yang dimiliki sekarang. Modal juga mempengaruhi jenis investasinya misal saham, emas atau property.
3. Memahami resiko pada diri sendiri sebagai investor dan jenis investasi yang diambil. Hal ini berhubungan pada perputaran uang yang tidak jauh dari untung rugi. Jadi hal yang pertama kali dilakukan ketika berinvestasi adalah menyiapkan dana baik ketika memulai maupun ketika prosesnya. Agar terlepas dari hutang, pendapatan tetap stabil dan memiliki dana ekstra.



0 komentar:

Posting Komentar