Kamis, 31 Oktober 2019

Bunsay Level 7, Tantangan Hari ke-8, Belajar Usaha Toko Sparepart



Belajar Usaha Toko Sparepart

Dengan menjadi ketua umum BCC (baleno car community) semarang dan kebetulan memiliki usaha bengkel menjadikan suami sebagai tempat curhat dan bertanya para anggota komunitas. Banyak keluhan-keluhan tentang masalah kerusakan mobil, cara mendapatkan spare part dll. 

Mayoritas anggota komunitas memiliki mobil yang tergolong usia tua. Dengan kebanyakan mereka newbie dalam memiliki mobil. Jadi kurang mengerti tentang seluk beluk mobil. Bagaimana cara mendapatkan sparepart-nya yang tergolong agak susah didapatkan karena mobil tua.

Mobil tua itu penyakitnya tidak jauh dari engine dan kaki-kaki. Biasanya sparepart mobil tua itu agak susah dicari dan harganya relatif mahal (untuk wilayah Jawa Tengah ke timur). Pusat sparepart murah dan lengkap biasanya di area Jakarta, Tangerang, Karawang, Bekasi. 



Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, dan kebetulan kami sering ke area Jakarta-nan. Kami berinisiatif untuk membuka toko sparepart baik online maupun offline. Kami telusuri satu persatu pusat penjualan spare part. Kami membandingkan harga dan kualitas.

Awal mula grosiran sparepart, kami benar-benar amati apa saja yang dibutuhkan sebuah mobil tua. Biasanya mobil tua itu penyakitnya dimana dan apa saja yang harus diganti. Selain itu kami lihat pangsa pasar itu senang dengan barang original atau kw. Berapa perbandingan barang original dan kw. Setelah didata semua dengan perbandingan harga yang selisih jauh dengan harga pasaran, akhirnya kita mulai beli. Tidak langsung banyak, karena kita juga harus melihat respon pasar dulu.
x

0 komentar:

Posting Komentar