Kamis, 27 Februari 2020

Bunsay Level 11, Tantangan Hari Ke-5, Ketika Anak Bertanya (FAG Yang Bisa Diajukan Anak Mengenai Seksualitas dan Cara Menjawabnya)


Ketika Anak Bertanya (FAG Yang Bisa Diajukan Anak Mengenai Seksualitas dan Cara Menjawabnya)

Ketika melihat persepsi dan perilaku anak salah, saat itu juga harus diluruskan.

Kita bs sampaikan : "Itu tidak santun, Nak. Gerakan spt itu bukan untuk ditirukan. "

"Bagaimana kalau sekarang umi bacakan dongeng, atau kita membuat donat?"

(Setelah meluruskan yang salah lalu mengalihkan ke aktivitas yg lain agar otak segera mengkoreksi informasi yang salah tersebut)

Setiap orang diciptakan Allah dengan kekhasan masing-masing sehingga tidak ada yang sama persis.

Bentuk tubuh manusia dapat berbeda karena gen awalnya berbeda. Dan pertumbuhannya juga dapat berbeda karena pengaruh lingkungan, gaya hidup, makanan, dan hormonal. 

Termasuk organ payudara juga dapat berbeda. Karena di dalamnya ada jaringan lemak maka orang yang gemuk bisa jadi berbeda ukurannya dengan yang kurus.
Tidak masalah bentuk berbeda. Kita wajib mensyukuri pemberian Allah dan kita jaga sebagai kemuliaan wanita.

Sepertinya ini sudah masuk ke pelecehan ya tetapi karena anak laki-laki itu polos maka kita coba jelaskan bahwa ukuran badan orang itu berbeda-beda ada yang tinggi ada yang tidak tinggi, ada yang kurus ada yang gemuk begitupun payudara perempuan ada yang besar ada yang kecil tergantung berat dan tinggi badannya serta kandungan lemak di badannya karena yang menentukan besar dan kecilnya payudara lebih pada lemaknya, selain itu sampaikan juga karena faktor keturunan dari ibu atau neneknya biasanya berpengaruh. Rasanya penjelasan seperti itu bisa dimengerti dan ilmiah bagi anak umur SMP

Umumnya anak SD dan awal SMP.

Dan rata-rata orang tua malu untuk menyampaikan hal-hal yg berbau seksualitas kode anaknya.

Itulah sebabnya kami dari KLiK menyampaikan juga tentang fitrah seksualitas ke anak-anak.
Agar mereka paham dengan dirinya sendirinya.

Tujuannya salah satunya agar mereka tidak mudah terpengaruh dengan kata2 dari temannya

Haid adalah keistimewaan yang Allah berikan pada setiap perempuan yang sudah baligh. 

Haid tandanya, rahim kita sudah siap menjadi tempat bayi sebelum dilahirkan. Namun, bayi Allah hadirkan pada pasangan suami istri yang sudah menikah atas izin Allah. Karena belum menikah dan belum ada janin maka rahim dibersihkan tiap bulannya.

Bersuci : salah satu syarat sahnya sholat adalah bersuci. Termasuk bila sudah selesai masa haid, maka perlu bersuci yaitu dengan berniat membersihkan vagina, berwudhu, dan mandi wajib.

Untuk celana dalam anak yang berwarna kuning, kita ajak anak bisa mengenali ada perubahan pada tubuh dan celana dalamnya dan diajari utk mencuci sendiri.
Tentang FAQ rambut panjang vs rambut pendek, sepertinya agak rancu karena Rosulullah rambutnya sebahu dan untuk bisa sebahu itu lebih dari 40 hari. Hehehehe

Dari Bara’ bin Azib, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat rambut melampaui ujung telinga seorang pun yang lebih bagus dari (rambut) Rasulullah.” Dalam suatu riwayat lain, “Rambut Rasulullah sampai mengenai kedua bahunya.” (Hr. Muslim: 2337)

Rasulullah mempunyai rambut sampai sebahu dan beliau menyisir rapi rambutnya. 

Karena belum dapat rujukan yg pas, dari link tsb , kami coba mencari solusi jawabannya. Yaitu untuk laki-laki rapi pendek lebih baik sesuai budaya ketimuran. 

Dan mesti dicukur setidaknya 40 hari sekali.

Di Puskesmas kami pun memberi penyuluhan kesehatan ke anak usia SD 5 - 6 tentang KesPro mbak..
Gurunya malah yang nervous ketika ditanya para murid..๐Ÿ˜…
Karena mungkin masih dianggap tabu..

Padahal kekhawatiran kami karena sudah ada kasus juga tentang penyimpangan seksual dilakukan anak SD di kota kecil ini๐Ÿ˜ข
Di dalam Al Qur'an sudah dibahas ada 3 waktu seorang anak harus minta izin masuk ke kamar orang tua...

Orang tua mesti mendampingi anak di tahapan perkembangan usianya, termasuk menjawab pertanyaan yang muncul dari kepolosan mereka

Oang tua harus tholabul Ilmi sehingga punya pijakan dalam menjawab keingintahuan mereka

Ilmu parenting yang paling mendasar adalah doa jadi setiap kesempatan mintalah pada Sang Pencipta agar memberi kita Ilham bagaimana mendidik dan membesarkan mereka.



#Gamelevel11
#Day5 (sesuaikan)
#KuliahBunSayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak

0 komentar:

Posting Komentar