Minggu, 02 Februari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-10, Memprioritaskan Orang di Transportasi Umum


Memprioritaskan Orang di Transportasi Umum

Fabel (bahasa Inggris: fable) adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang.[1] Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut.[1] Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang.[1] Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.[1]

Jadi untuk fabel dari awal memang menggunakan hewan/binatang sbg karakter nya. 
Jadi karakter hewan yang bisa bicara dalam fabel merupakan simbolisasi.
Jika anak bertanya kenapa hewan dalam cerita itu bisa bicara, jalan dan gerak seperti manusia. Boleh dijelaskan sesuai usia dan pemahamannya.

Jika anak belum paham, pasti akan bertanya lagi kan. Sampai puas dengan jawaban yang diperoleh. Hal itu gpp, malahan bagus untuk memancing intelektual curiosity anak.


Setelah selesai berbelanja, makan dan shalat dzuhu, Abhi dan ibu melanjutkan perjalanan pulang ke rumah. Sesampainya di halte bus, ibu membeli tiket untuk dua orang. Tiket bus trans itu sangatlah murah harganya. Karena ada subsidi dari pemerintah. Untuk umum jauh dekat hanya tiga ribu, sedangkan untuk pelajar dan mahasiswa jauh dekat hanya seribu.
Abhi : "Ibu mana busnya?"
Ibu : "Sabar nak."
Abhi : "Kenapa lama sekali?"
Ibu : "Sebentar lagi juga datang."

Selang 10 menit bus trans pun sampai di halte. Sebelum mereka naik, terlebih dahulu menunggu penumpang yang ingin turun dari bus. Setelah penumpang yang turun tidak ada lagi, baru penumpang yang naik masuk ke dalam bus trans.

Ketika sampai di dalam bus, mereka pun mencari tempat duduk yang kosong. Kebetulan Abhi mendapatkan tempat duduk di bagian belakang, dekat dengan jendela. Abhi pun melihat sekelilingnya, tiba-tiba dia melihat ke arah stiker yang ada di jendela.

Dia pun penasaran dengan gambarnya. Kemudian dia bertanya pada ibu
Abhi : "Bu, lihat stiker yang menempel di jendela itu."
Ibu : "Stiker yang mana nak?"
Abhi : "Itu yang ada di sebelah kiri Abhi."
Ibu : "Oh itu nak, memang ada apa dengan stiker itu?"
Abhi : "Maksud gambar itu apa ya ibu?"
Ibu : "Gambar itu menceritakan ketika kita naik transportasi umum, kita harus memprioritaskan seperti ibu hamil, ibu menyusui, lansia dan orang sakit atau cacat. Kita tidak boleh egois. Walaupun kita sama-sama bayar atau kita datang lebih dahulu tetapi jika ada disekeliling kita seperti mereka maka sebaiknya diprioritaskan. Prioritasnya misal biarkan mereka duduk, atau mereka masuk dan keluar terlebih dahulu.
Abhi : "Iya ya bu, kita kan masih kuat untuk berdiri ya bu, jadi kita harus mengalah ya."
Ibu : "Tepat sekali nak, oh ya sudah sampai halte dekat rumah. Ayo nak kita turun."

Tamat.



#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa


1 komentar: