Sabtu, 01 Februari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-9, Belanja Sesuai Kebutuhan


Belanja Sesuai Kebutuhan

Tahapannya Mendongeng Berdasarkan Usia Anak Adalah :
Misalnya anak 0-2 tahun, pilihlah buku dengan teks yang sederhana dan penuh dengan gambar besar. Carilah buku dongeng yang memiliki tekstur, sebab perkembangan sensorinya sedang pesat di usia tersebut.

Buku untuk mengasah karakter seperti fabel sederhana, petualangan, cerita berima, dan kisah tokoh tertentu, bisa didongengkan untuk anak 3-5 tahun. Pada usia ini, anak juga perlu mengenal berbagai ekspresi emosi seperti marah, sedih, senang, sebab bermanfaat untuk pengendalian emosinya saat berusia lebih dewasa.

Memilih buku untuk anak hampir sama ya dengan memilih-milih acara televisi. Ada buku anak yang terlalu ‘berat’ untuk anak-anak, tidak sesuai dengan usia, atau jalan ceritanya terlalu memusingkan.

Sesampainya di tujuan, Abhi dan Ibu turun tepat di halte bus trans depan pasar. Kemudaian ibu menggandeng tangan Abhi menuju pasar sambil berkata "Nak, nanti selalu pegang baju ibu, jangan jauh-jauh dari ibu, ingat ya nak." Abhi pun menjawab "Iya ibu, aku tahu."

Di dalam pasar ibu memilih milih barang yang dibutuhkan selama sebulan. Ibu pun sesekali melihat catatan belanjanya. Karena ibu tidak mau membeli hal yang tidak penting dan tidak dibutuhkan karena itu namanya pemborosan. Walaupun banyak barang-barang bagus dengan harga murah, ibu tetap tidak tertarik membelinya. 

Setelah semua kebutuhan yang diperlukan selama satu bulan terbeli. Kemudian ibu menawari Abhi hendak makan apa untuk siang ini. Kebetulan ibu berbelanja agak lama hingga menjelang waktu makan siang. Karena Abhi ingin makan siang dengan soto ayam, mereka berdua pun menuju penjual soto ayam yang terletak di depan pasar. Setelah selesai makan, mereka menuju mushola untuk shalat dzuhur dulu kemudian pulang ke rumah.

Bersambung...

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa

0 komentar:

Posting Komentar