Jumat, 24 Januari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-1 , Moncong Mobil


Moncong Mobil

Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Atau perkataan (berita dan sebagainya) yang bukan-bukan atau tidak benar (khayalan). Sedangkan mendongeng adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada para penyimak, baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, maupun suara.

Suatu hari ada anak laki yang sedang berjalan menyusuri taman pusat kota. Dia ditemani oleh ayah dan ibunya. Dengan gembira dan semangatnya dia lari kesana kesini. Seperti memiliki tenaga yang tak pernah habis dia terus berlari dan berteriak kegirangan. Ayah dan ibunya mengamati si anak sambil sesekali mengobrol berdua.


Setelah mulai kelelahan si anak mendekat kepada kedua orang tuanya. Walaupun tampak kelelahan tetapi wajahnya masih penuh semangat dan berbinar-binar. Matanya pun tak hentinya menoleh kesana kesini sambil terus mengamati laju kendaraan yang lalu lalang melewati taman tengah kota.

Setelah lama mengamati laju kendaraan, si anak tiba-tiba bertanya kepada kedua orang tuanya.
Anak : "Ayah, coba lihat kalau yang roda dua itu namanya apa?"
Ayah : "Oh, itu namanya sepeda motor nak."
Anak : "Nach kalau yang roda tiga, dikayuh itu namanya apa?"
Ibu : "Itu becak sayang."
Anak : "Oh becak ya, yang roda 4 itu namanya apa?"
Ayah : "Itu mobil sayang." Sambil mengelus-elus rambut si anak.
Si anak pun terus mengamati sekeliling taman kota dengan mata yang penuh tanda tanya.


Melihat kedua mata si anak yang penuh tanda tanya, ayahnya pun berinisiatif bertanya tentang gerangan apa yang sedang dipikirkan oleh si anak.
Ayah : "Lihat apa nak?"
Anak : "Aku sedang melihat mobil-mobil yang lewat ayah"
Ayah : "Lha kenapa dengan mobil itu?"
Anak : "Kok bentuknya beda-beda yah, ada yang moncong ke depan dan ke belakang, ada yang moncong ke depan saja, dan malah ada yang tidak ada moncongnya sama sekali, emang bedanya apa yah?"
Ayah : "Kalau mobil yang moncongnya ke depan dan ke belakang itu biasanya disebut mobil sedan, kenapa moncongnya di depan karena bagian mesinnya ada di depan, dan kenapa moncongnya ada di belakang juga karena sebagai tempat bagasi."
Anak : "Yang moncongnya di depan saja itu namanya apa?"
Ayah : "Yang moncongnya di depan saja itu namanya mobil SUV untuk yang ukuran sedang dan besar, sedangkan yang ukuran kecil itu biasanya hatchback. Letak mesinnya di depan, sedangkan bagasinya jadi satu di dalam mobil."
Anak : "Terus yang tidak punya moncong sama sekali itu bagaimana?"
Ayah : "Yang tidak punya moncong sama sekali itu biasanya disebut mobil MPV, letak mesinnya dibawah makanya tidak memiliki moncong depan. Tahu kan sekarang apa perbedaanya?"
Anak : "Iya ayah, aku sudah tahu apa bedanya. Terima kasih ya ayah." Sambil mencium pipi si ayah.

Hikmahnya yang bisa diambil adalah anak mulai belajar tentang apa yang ada di sekelilingnya. Memahami tentang perbedaan benda yang dia lihat. Orang tua pun memberikan support dan menjadi fasilitator yang baik agar si anak menambah pemahaman dan pengenalan terhadap lingkungannya.


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
Jangan lupa tag
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa

http://id.m.wikipedia.org
http://kkbi.web.org

0 komentar:

Posting Komentar