Rabu, 29 Januari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-6 , Filosofi 1ASPAL 3PEDAL


Filosofi Satu Aspal Tiga Pedal

Hai Bunda, halo Ayah, sudahkah mendongeng atau bercerita pada Ananda hari ini? Terlihat kuno dan anti kekinian ya?

Mendongeng itu ibarat investasi. Baik investasi jangka pendek, menengah atau panjang. Hasilnya bisa dinikmati nanti atau saat ini juga. Bisa dikerjakan kapanpun, dimanapun dan dalam suasana apapun oleh Bunda atau Ayah. Ya, itulah yang disebut investasi pengasuhan, pembangunan karakter dengan memberi stimulasi dan nutrisi psikologis untuk perkembangan buah hati kita melalui dongeng atau cerita.

Benefit yang tak terbantahkan dari mendongeng adalah:
🐝 Membantu anak berimajinasi untuk menjadi kreatif, terampil berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan atau apapun yang ia pikirkan/rasakan.
🐝 Menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan melalui karakter yang tercipta pada dongeng.
🐝 Merangsang minat baca anak dan menjadikan buku sebagai teman yang mengasyikan.
🐝 Bonding/kualitas kedekatan emosional antara orang tua dan anak.
🐝 Meningkatkan kemampuan berbahasa, kemampuan mendengarkan, membangun karakter positif, rasa percaya diri dan empati.
🐝 Cara efektif mengurangi atau meredakan stres Bunda dan Ayah.

Nah, mulai sekarang ayo kita budayakan mendongeng atau bercerita ke anak. Kita investasikan 10-15 menit dari waktu kita untuk membangun pengalaman, menciptakan kenangan melekat bersama anak. Mendongeng itu mudah dan murah tetapi tetap dasyat dalam menciptakan faedah. 
Semangat Mendongeng….😘😘


            Sastranaling Tanu Merto
                   Ketua Kelas Joglo
                   (Semangat Senin)

Hobby kami berdua (saya dan suami) adalah travelling. Travelling bisa menggunakan bermacam-macam transportasi. Ada yang menggunakan transportasi darat baik kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Ada juga yang lebih memilih menggunakan transportasi udara ataupun laut. Travelling bisa dilakukan sendirian, dengan pasangan ataupun rombongan. Ada yang hobby travelling antar kota, antar pulau juga antar negara.

Biasanya sambil travelling kami bercerita tentang banyak hal yang terjadi selama di perjalanan. Salah satu yang sering kita bicarakan adalah filosofi 1ASPAL 3PEDAL. Banyak yang belum familiar dengan filosofi ini. Tetapi bagi yang sering menghabiskan hidupnya di jalan pasti paham dengan filosofi ini.

Secara makna yang sebenarnya 1ASPAL 3PEDAL adalah jalan yang kita lalui itu jalan yang sama, sama-sam beraspal (walaupun sekarang banyak yang dari beton). Sedang arti 3PEDAL itu sendiri adalah kendaraan manual biasanya memiliki 3 pedal yaitu gas, rem dan kopling. Ketika kita mengendarai mobil di jalan yang beraspal, kita harus bisa mengendalikan 3 pedal tersebut agar selamat sampai tujuan.

Sedangkan makna yang tidak sebenarnya untuk filosofi 1ASPAL 3PEDAL adalah kita sebagai manusia itu punya tujuan hidup terakhir yaitu menuju surga. Nach, bagaimana kita bisa sampai dengan selamat menuju surga dengan banyaknya ujian, cobaan yang terjadi dalam hidup kita (dalam hal ini ujian dan cobaan diibaratkan jalan yang rusak, kemacetan dll). Kuncinya bagaimana kita membuat kompak antara 3 pedal ini. Tiga pedal ini diibaratkan diri kita, keluarga dan lingkungan. Kita tidak bisa menuju surga dengan sendirian. Kita butuh keluarga dan lingkungan untuk mewujudkan tujuan hidup kita. Walaupun banyak ujian dan cobaan, jika kita bisa melalui semua itu dengan bantuan keluarga dan lingkungan. Inshaa Allah kita perjalanan hidup kita aman dan lancar sehingga bisa selamat sampai ke tujuan akhir hidup.



#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa

0 komentar:

Posting Komentar