Senin, 27 Januari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-4, Helm


Helm 

Mengapa harus mendongeng?
1. 3 Hal yang tidak pernah ditolak anak yaitu mendongeng bermain dan hadiah 
2. Perubahan yang tidak menyakiti 
3. Mengembangkan imajinasi 
4. Membantu menyadarkan kekuatan diri 
5. Mempermudah pemenuhan harapan
Sumber : Bunda Sayang

"Fendy bangun nak, ayo shalat subuh dulu" ucap ibu. Fendy pun masih memejamkan matanya. Beberapa saat kemudian ibu kembali memanggilnya "Fendy ayo bangun, ini sudah jam 5 pagi, kamu belum shalat subuh. Panggilan kedua pun tidak didengarkannya, Fendy tetap masih tidur. Lima menit kemudian ibu masuk ke kamarnya dan menggoyang-goyangkan tubuh Fendy, agar segera bangun. 

Setelah digoyang-goyang tubuhnya oleh ibu, baru Fendy membuka matanya dan beranjak dari tempat tidurnya. Ia pun menuju kamar mandi untuk mengambil air wudhu. Setelah mengambil air wudhu, dia bergegas menunaikan shalat subuh. Selesai shalat subuh dia menyiapkan baju untuk berangkat sekolah. Setelah baju sekolah selesai disiapkan, Fendy beranjak mandi.



Selesai mandi dan mengenakan seragam sekolah, ia pun mengecek kembali buku pelajaran hari ini, agar tidak ada yang tertinggal. Sebelum berangkat sekolah tak lupa dia sarapan terlebih dahulu. Pagi ini ibu memasak nasi goreng dan telur dadar kesukaannya. Dengan lahap dia menghabiskan sarapannya. Setelah sarapannya habis, dia membawa piring kotornya ke dapur dan mencucinya. Kemudian dia bersiap-siap untuk berangkat sekolah. 

Setiap hari Fendy berangkat sekolah selalu diantar oleh Ibunya. Fendy bersekolah di SDN Kalicari 1. Dia duduk di kelas 4. Jarak sekolah dari rumahnya 5km. Sebelum naik ke atas motor, ibu selalu menyuruh Fendy untuk mengenakan helm. Padahal Fendy sangat tidak suka memakai helm, karena itu bisa merusak tatanan rambutnya. Tetapi ibu tetap memaksa untuk mengenakannya. Fendy pun protes..
Fendy : "Ibu kenapa aku harus memakai helm, aku kan masih kecil."
Ibu : "Helm itu dikenakan untuk semua umur nak."
Fendy : "Tapi kan jarak sekolahku dekat ibu, dari rumah."
Ibu : "Mau dekat atau jauh harus tetap pakai helm." Ucap ibu sambil menyuruh Fendy naik ke motor agar tidak terlambat.
Di jalan pun Fendy masih protes karena disuruh pakai helm. Tapi ibu tidak mempedulikannya. Tiba-tiba di depan motor ibu terjadi kecelakaan. Seorang ibu jatuh dari motor, kebetulan ibu tersebut tidak mengenakan helm. Kepalanya terbentur jalan hingga mengakibatkan keluar darahnya.
Seketika ibu Fendy berkata "Lihat itu nak, ada ibu-ibu jatuh dari motor sampai kepalanya berdarah karena dia tidak pakai helm."
Fendy pun menjawab "Iya ibu, aku melihatnya."
Ibu pun menimpali "Sekarang paham kan kenapa ibu menyuruhmu menggunakan helm."
Fendy berujar "Iya ibu, aku paham sekarang maksud ibu."


Hikmah yang diambil dari dongeng ini adalah pemakaian helm itu bukan karena tua atau anak-anak. Bukan pula jauh atau dekat, tidak juga ada polisi atau tidak. Tetapi pemakaian helm karena demi keamanan dan keselamatan diri se diri. Jadi pakailah selalu helm jika berkendara motor, entah itu duduk di depan atau di belakang tetap wajib pakai helm. Agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa

0 komentar:

Posting Komentar