Minggu, 26 Januari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-3 , Aki Tekor



Aki Tekor

Kenapa dengan mendongeng?
Karena dengan mendongeng kita sama2 berimajinasi dengan latar belakang kisahnya dan lebih mudah menerima makna. Dunia anak adalah dunia imajinasi sehingga kita sebagai orang tua harus mengaktifkan kembali daya imajinasi. Melalui dongeng kita bisa menembus batas fikiran antara dunia anak dan orang dewasa.
Disini kita bisa mulai menyatukan rasa....
Dan ketika rasa itu bertemu, maka bataspun menghilang...
Ketika batasan menghilang, diiringi dengan luapan kegembiraan yang melalui kata - kata, mimik dan tingkah dari keduanya...
Disanalah bonding akan terbentuk...

Ada seorang anak laki-laki bernama Fendy. Anak laki-laki tersebut berusia 7 tahun. Sejak kecil dia selalu mengamati ayahnya yang sedang mengutak-atik mobil. Kebetulan si ayah memiliki usaha bengkel mobil. Dari kedua kakaknya, hanya Fendy yang mempunyai ketertarikan dalam bidang otomotif.

Tidak hanya mengamati saja, bahkan dia secara sukarela membantu ayahnya. Sepulang sekolah, dia selalu mengerjakan tugas-tugas bengkel yang menjadi bagiannya. Tetapi semua itu dikerjakan setelah selesai mengerjakan PR. Dari pekerjaan kecil hingga yang besar selalu dikerjakan dengan penuh semangat.


Saking senang dengan hal otomotif, ketika ayahnya mengendarai motor atau mobil dia selalu mengamati bagaimana cara mengendarainya. Dari memasukkan kunci, menyalakan gas hingga menginjak kopling diperhatikannya satu persatu. Ketika di jalan raya pun dia memperhatikan bagaimana ayahnya menyetir.

Jika ada pertanyaan yang mengganjal pikirannya, dia tak segan bertanya kepada si ayah. Seperti kali ini dia penasaran dengan sesuatu.
Fendy : "Ayah, kenapa setiap berhenti dan keluar dari mobil ayah selalu melepas kunci mobilnya? Kan tidak lama lagi ayah masuk ke dalam mobil"
Ayah : "Begini anakku, jika kunci mobil tidak di lepas ketika berhenti dan keluar dari mobil, yang pertama mobil bisa terkunci dari dalam, yang kedua mobil bisa dicuri, atau bisa juga mengakibatkan aki tekor. Jadi alangkah baiknya setiap kita keluar dari mobil, cabut kuncinya dan kunci mobil dari luar."
Fendy : "Jadi kalau sampai kita lalai mencabutnya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain ya ayah?"
Ayah : "Tepat sekali anakkku."


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa


Diskusi Level 10 Bunda Sayang Jateng IIP




0 komentar:

Posting Komentar