Jumat, 24 Januari 2020

Bunsay Level 10, Tantangan Hari Ke-2 , Sein Kanan Belok Kiri



Sein Kanan Belok Kiri

Mendongeng atau bercerita sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan. Orang yang ingin bercerita harus mempunyai kemampuan berbicara yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur nada dan intonasi serta keterampilan memakai alat bantu. Teknik bercerita bisa berhasil, jika pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh.

Pada sabtu pagi ada seorang anak yang bernama Elsa sedang ikut bepergian ibunya ke pasar. Anak gadis itu sangat senang sekali diajak ibunya ke pasar. Di pasar, Elsa melihat berbagai macam orang dan barang. Ada penjual sayuran, ada penjual daging, ada juga penjual buah-buahan. Selain itu Elsa juga melihat bermacam-macam ikan, perabotan rumah tangga, sera aneka jajanan pasar.

Selesai ibu selesai berbelanja, mereka berdua pun pulang dengan mengendarai kendaraan roda dua. Ketika di tengah jalan, tiba-tiba ibu mengerem mendadak, Elsa pun hampir jatuh. Setelah si ibu melihat bahwa Elsa dan dirinya baik-baik saja, ibu pun mengecek motornya apakah ada yg rusak atau tidak. Setelah semuanya baik-baik saja, ibu dan Elsa pun kembali melanjutkan perjalanannya.


Ketika sampai di rumah, Elsa pun bertanya kepada ibunya tentang kejadian yang menimpa mereka tadi.
Elsa : "Ibu, sebenarnya apa yang terjadi tadi?"
Ibu : "Ibu mengerem mendadak nak."
Elsa : "Kenapa ibu mengerem mendadak? Hampir saja aku jatuh tadi."
Ibu : "Maafkan ibu sayang, ibu tadi kaget sekali." Sambil mencium dan memeluk Elsa.
Elsa : "Apa sebenarnya yang membuat ibu kaget?"
Ibu : "Tadi waktu di jalan, ada ibu-ibu mengendarai motornya tepat di depan kita."
Elsa : "Lalu ibu?"
Ibu : "Ibu itu sein kanan, tetapi tiba-tiba belok kiri. Itu sangat membahayakan nak, sering mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian."
Elsa : "Kenapa ibu tadi melakukan hal seperti itu, apa dia tidak tahu yang dilakukannya itu membahayakan orang lain?"
Ibu : "Begitulah nak, orang sering kali seperti itu. Kadang tidak sadar apa yang dianggapnya sepele dapat membahayakan orang."
Elsa : "Apakah di jalanan banyak yang seperti itu ibu?"
Ibu : "Banyak sekali nak, jika kelak kamu dewasa dan sudah boleh mengendarai motor, kamu harus taat dengan peraturan lalu lintas. Jangan sampai apa yang kamu perbuat dapat mencelakakan diri sendiri dan orang lain."
Elsa : "Iya ibu, Elsa janji kelak jika sudah dewasa dan boleh mengendarai motor, aku akan mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatanku dan orang lain."
Ibu : "Anak pintar!" Sambil mencium pipi Elsa dan memeluknya.

Hikmah yang bisa diambil adalah jika kita berkendara baik roda dua, tiga atau empat wajib mematuhi peraturan lalu lintas. Harus selalu waspada, pikiran tidak boleh kosong, selalu hati-hati di jalan. Jangan sampai karena kita teledor malah membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
@institut.ibu.profesional
@diya_marwa

0 komentar:

Posting Komentar