Rabu, 01 April 2020

Bunsay Level 12, Tantangan Hari Ke-5, Mobil Pick Up



Mobil Pick Up

Mobil bak terbuka atau mobil pikap (Pickup truck) adalah kendaraan truk ringan yang memiliki kabin tertutup dan bak terbuka dibelakang untuk membawa barang bawaan atau kargo. Kendaraan ini biasanya digunakan untuk keperluan komersial atau niaga dan biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan antar jemput barang atau muatan.

  • Mobil bak terbuka kabin tunggal (Pickup Single Cabin).

Adalah tipe mobil bak terbuka yang memiliki satu kabin di depan hanya untuk membawa dua penumpang saja dan pengemudi. Mobil bak terbuka model ini biasanya kelasnya di bawah kabin ganda (Double Cabin), memiliki torsi mesin (CC) kecil kisaran (1.3-2.0 cc), biasanya tidak dilengkapi 4x4 dan biasanya berbahan bakar bensin.

Ada juga beberapa varian kabin tunggal yang berbahan bakar solar, seperti produk merek Isuzu dan Mitsubishi, yang biasanya berbahan bakar bensin adalah yang bermerek Suzuki atau Daihatsu, Toyota Hilux juga mempunyai dua varian untuk tipe ini, yaitu yang berbahan bakar bensin dan solar.

  • Mobil bak terbuka kabin ganda (Pickup Double Cabin).

Adalah tipe mobil bak terbuka yang memiliki dua kabin di depan yang bisa membawa 3-4 penumpang dan pengemudi.

Mobil bak terbuka model ini biasanya dilengkapi dengan torsi mesin (CC) besar kisaran (2.5cc keatas), biasanya dilengkapi 4x4, dan pada umumnya berbahan bakar solar. Kelas kabin ganda ini biasanya harganya di atas yang kabin tunggal dan biasanya tidak digunakan hanya untuk keperluan komersial saja, tetapi juga digunakan oleh kepolisian, pemadam kebakaran, dan instansi-instansi lainya karena kemampuannya bisa melibas medan berat (off road).

Namun, mobil bak terbuka tipe kabin ganda tidak mempunyai ruang barang bawaan seluas mobil bak terbuka kabin tunggal karena separuhnya dipakai untuk kabin penumpang. Merek mobil bak terbuka tipe ini biasanya seperti Ford Ranger, Toyota Hilux (tipe kabin ganda), Mitsubishi Strada, Nissan Navara, Isuzu D-Max, dan lain-lain.

Daftar mobil pick up terbaik dan termurah di Indonesia, antara lain :
  • Daihatsu Grand Max PU.
Dibanderol dengan harga 112 juta sampai 144 juta untuk harga barunya. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan bisnis, terutama sebagai transportasi angkutan barang. Dengan bak luas serta kemampuannya dalam menerjang banjir, maka tidak salah jika mobil ini dinobatkan sebagai mobil jenis pick-up terbaik. Mobil ini tersedia dalam tiga tipe, yaitu tipe standard, tipe 3 way dan tipe box.

Kelebihan lain dari mobil ini adalah chasisnya yang kuat sehingga mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Mesinnya sendiri telah tersedia dalam dua tipe, yaitu mesin K3-DE DOHC 1.3L dengan sistem pendingin air.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 88PS pada kecepatan 6.000 RPM dengan torsi maksimal sebesar 11.7 kgm pada kecepatan 4.400 Rpm. Dan mesin 3SZ-VE 1.5L DOHC VVT-i dengan pendingin air sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 97 PS pada kecepatan 6.000 Rpm dengan torsi mencapai 13.7 Kgm pada kecepatan 4.400 Rpm.

  • Mitsubishi Colt L-300 Pick Up.
Dibanderol dengan harga 162 juta. Kelebihan lain dari mobil ini adalah chasisnya yang kuat sehingga mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Mesinnya sendiri telah tersedia dalam dua tipe, yaitu mesin K3-DE DOHC 1.3L dengan sistem pendingin air.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 88PS pada kecepatan 6.000 RPM dengan torsi maksimal sebesar 11.7 kgm pada kecepatan 4.400 Rpm. Dan mesin 3SZ-VE 1.5L DOHC VVT-i dengan pendingin air sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 97 PS pada kecepatan 6.000 Rpm dengan torsi mencapai 13.7 Kgm pada kecepatan 4.400 Rpm.

Untuk bagian mesinnya, Mitsubishi telah menyematkan mobil ini dengan mesin 4D56-4 silinder inline dengan kapasitas silindernya mencapai 2.477 cc sehingga mampu menghasilkan torsi maksimal sebesar 13.6 kgm pada kecepatan 2.500 Rpm. Mobil jenis pick up besutan Mitsubishi ini telah memakai sistem bahan bakar diesel sehingga sangat irit.

Meskipun harganya sangat mahal dibandingkan dengan Daihatsu Gran Max PU, namun dari segi kenyamanan mobil ini sangat direkomendasikan jika membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Suzuki Carry Futura Pick Up.

Bagi Anda yang menginginkan mobil jenis pick-up murah namun berkualitas tinggi lainnya, Anda dapat membeli mobil Suzuki Carry Futura Pick Up. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian warna, yaitu hitam dan putih. Sedangkan untuk mesinnya, mobil ini disematkan dengan mesin bertipe G15A dengan kapasitas silinder 1.493 cc 4 in line dan didukung dengan 16 katup. 

Mobil ini juga telah dibekali dengan sistem bahan bakar Multi Point Injection sehingga membuat bahan bakar menjadi lebih irit dan ramah lingkungan. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini mencapai 87 PS pada putaran mesin 6.000 Rpm dengan torsi maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 122 Nm pada putaran mesin 3.000 Rpm.

Pick-Up ini telah disematkan dengan sistem kemudi Rack & Pinion sehingga akan mempermudah pengemudi dalam mengoperasikan mobil ini. Untuk suspensinya, mobil ini telah dilengkapi dengan Mac Pherson Strut dan Coil Spring di bagian depan dan Leaf Spring di bagian belakang. Mobil keluaran Suzuki ini mampu menampung 3 orang penumpang termasuk supir di dalamnya. Sedangkan untuk harganya, mobil ini dibanderol mulai dari harga Rp 95 juta hingga Rp 147 juta.







#Gamelevel12
#Day5
#KuliahBunSayIIP
#KeluargaMultimedia

0 komentar:

Posting Komentar