Rabu, 01 April 2020

Bunsay Level 12, Tantangan Hari Ke-2, Mobil SUV



Mobil SUV

Sport Utility Vehicle / Kendaraan Utilitas Sport (dalam bahasa Indonesia) disingkat SUV adalah klasifikasi mobil penumpang namun dibangun di atas kerangka truk ringan. Di Indonesia mobil yang berjenis ini sering disebut "Jip". Ciri khas mobil SUV biasanya dipasang ban serep dibelakangnya dan biasanya memiliki jarak yang tinggi dari tanah.

Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4) agar bisa digunakan untuk melibas medan berat (off-road). Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia yang tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4). Merk mobil SUV yang dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (4x4) diantaranya Toyota Land Cruiser, Jeep Wrangler, beberapa varian Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero dll.

Klasifikasi SUV antara lain :
  • SUV bertipe "Mini".
Ialah SUV yang berkelas kecil dan memiliki ukuran ramping. Contoh dari SUV tipe ini ialah Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki Jimny, Daihatsu Taruna, dll. Torsi Mesin dan Kapasitas Silinder (CC) tipe ini pada umumnya kecil (1.0-1.8) dan biasanya berbahan bakar bensin, bukan solar.

  • SUV bertipe Compact (terpadu).
Ialah kelas SUV yang lebih cenderung ke ukuran yang padat dan biasanya dibangun dengan kapasitas muatan dan ruang penumpang yang terbatas, dan pada umumnya memiliki torsi mesin (CC) sedang (1.8-2.6). Klasifikasinya jatuh di antara SUV Mini/Kecil dan SUV ukuran Sedang. Contoh dari SUV tipe ini ialah Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva, Ford Escape, Honda CR-V, Toyota Rav4 dll. SUV tipe ini lebih cenderung ke penggunaan di medan jalan raya dan perkotaan, tidak terlalu cocok di medan berat (off-road).
  • SUV bertipe Mid-sized.
Ialah kelas SUV yang ukurannya diantara di antara SUV berukuran Compact dan SUV berukuran Full-sized (besar). Contoh dari SUV tipe ini ialah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Ford Explorer, Nissan Terrano, Volkswagen Touareg dll. Torsi mesin dan kapasitas silinder (CC) tipe ini bervarian dari sedang (2.4-2.6) hingga besar (3.0).
  • SUV bertipe Full-sized (berukuran penuh).
Ialah kelas SUV yang ukuranya di atas kelas Mid-sized (sedang) dan jauh lebih besar daripada kelas SUV Compact. SUV ukuran ini lebih cenderung memiliki ukuran interior dan eksterior yang besar, luas, dan lebar serta ukuran muatan yang banyak. Tipe ini juga memiliki torsi mesin (CC) yang besar (3.0 keatas) dan cenderung bermesin V8. Contoh dari SUV tipe ini ialah Chevrolet Suburban, Hummer, Nissan Armada, Nissan Patrol, Land Rover Discovery dll.








#Gamelevel12
#Day2
#KuliahBunSayIIP
#KeluargaMultimedia

0 komentar:

Posting Komentar